Solo Linux Conference SLC 2009

slc 2009

slc 2009

Sabtu 17 Januari 2009 di Gedung B Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret lantai 4 tempat yang tak jauh dari tempat ct menuntut ilmu “UMS” ada acara Solo Linux Conference 2009 Seminar Nasional Tempat Berkumpulnya Pengguna Linux

se-Indonesia.

Seminar yang digawangi oleh komunitas-komunitas Linux se-Indonesia khususnya Solo dan sekitarnya dan diikuti oleh 200 peserta (“dari beragam instansi, ada yang dari guru SD, SMP, SMA/SMK, mahasiswa, dosen, pengusaha, orang awampun juga ada”) ini menurut ct sudah berjalan (“emang punya kaki” ^_^) dengan baik dan cukup menarik walaupun awalnya ct fikir bakalan molor banget waktunya dan membosankan.

Ct datang bersama rombongan dari Teknik Informatika UMS, awalya kita ragu mengikuti acara ini karena kita ga tahu sama sekali tentang linux (“sebenarnya sih ct pernah ngoprek jaringannya linux RedHat sama RHEL, tapi dah lama buanget ja lupa deh” ^_^) setelah kita fikirkan lagi…kita berfikir mungkin dengan ikut acara ini, kita bisa lebih mantap tuk migrasi ke linux, dulu sih pernah terlintas tuk migrasi ke linux tapi karena rasa takut kita (“kata mas Agung,salah satu pembicara kemaren, namanya mental block”) ga jadi deh migrasi. Saat mengikuti seminar sebenarnya ada sedikit rasa minder karena ct lihat di dalam ruangan berisi orang-orang yang memang sudah terbiasa menggunakan linux, mereka tahu tentang linux walaupun ada yang hanya sampai install saja, tapi itu sudah cukup buat modal mereka. Sedikit demi sedikit ct hilangkan rasa minder ct karena ct bertekad setelah acara ini ct bisa mentap tuk migrasi ke linux (“ya…sampai UAS selesai lah”) ct pengen bisa linux lagi seperti dulu, dari networkingnya, system administrationnya, grafisnya, dll.

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Sutanto mewakili PUSKOM Universitas Sebelas Maret, beliau menyampaikan sepatah dua patah kata tentang PUSKOM, SAT, juga tentang produk baru dari PUSKOM UNS yang berupa kartu nama elektronik, kartu nama yang dapat diakses lewat sms hanya dengan mengetikkan sms KARTUNAMA(spasi)NAMA kirim ke 3011 untuk indosat 1103 untuk telkom flexy. Materi pertama oleh bapak Rusmato Maryanto dari InfoLinux, beliau menyampaikan tentang apa itu Linux, FOSS, kisah-kisah sukses, juga peluang bisnis kerja, tak lupa beliau juga menyampaikan tentang ketertarikan beliau pada BlankOn. Di sela-sela beliau menyampaikan materi, beliau juga menampilkan sebuah film yang intinya tentang perjalanan linux dalam dunia IT (“sungguh tragis tapi membanggakan”), juga memutarkan mp3 yang menyampaikan pesan tentang perjuangan di GAZA (“bikin terharu saja”). Ini adalah yang kedua kalinya ct mengikuti seminar yang diisi oleh bapak Rusmanto, yang pertama pada tahun 2008 kemaren dalam acara Seminar “saatnya pindah ke linux” yang diadakan oleh GOS ELTRUM di Auditorium Muh Djazman UMS. Materi yang beliau sampaikan tidak jauh dari materi yang beliau sampaikan dalam seminar SLC 2009.

Materi kedua tentang Linux after install yang diisi oleh rombongan dari UGM yang diwakili oleh mas Agung. Dalam materi ini mas Agung memberitahukan tentang keunikan-keunikan yang dimiliki linux, dan linux tak kalah dengan windows, apa yang dimiliki windows linux juga punya, contohnya Microsoft office dalam linux ada openoffice, winamp à Audacious, yahoo messenger à pidgin, photoshop à gimp, coreldraw à inkscape, dll. Sesi tanya jawab dalam materi ini lumayan rame karena ada yang bertanya sampai diulang-ulang karena pembicara masih bingung dengan pertanyaannya dan jawaban akhirnya akan diselesaikan dibelakang, ada juga yang menyampaikan masalahnya dengan printer dan pembicara sudah mencoba memberitahukan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi sampai-sampai bapak Rusmanto juga memberikan masukan, (“malah jadi tempat konsultasi nih..”).

Materi terakhir adalah tentang komunitas yang tadinya ct kira diisi oleh ketua KPLI, mas Kurnia, ternyata bukan, tapi oleh perwakilan dari beberapa komunitas linux yang hadir dalam seminar tersebut. Diantaranya GOS ELTRUM oleh mas arif, Ubuntu dari Jember, Ubuntu dari Semarang, Ubuntu dari Jogja, BlankOn dari Jogja. Materi yang mereka sampaian seputar tentang komunitas khususnya komunitas linux, juga tentang pengalaman mereka dalam komunitas. Di Indonesia juga ada komunitas linux khusus cewek “KLUWEK” tapi belum begitu bekembang, (“semoga ct bisa jadi generasi kluwek selanjutnya, yang bisa ngembangin kluwek, cewek ga boleh kalah sama cowok, hehe… “ ^_^). Seminar ditutup dengan acara foto-foto, (“narsisnya kelihatan deh..”)

Seminar yang berdurasi 8-9 jam ini memang melelahkan tapi juga menyenangkan, tapi lebih menyenagkan lagi jika ada followup yah..salah satunya dengan diadakan workshop, juga memajukan komunitas-komunitas linux yang ada, atau malah mendirikan komunitas linux hehehe…


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s