topologi star & ring

topologi start

topologi start

Jaringan komputer juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk jaringannya atau topologinya, yaitu tampilan fisik jaringan yang menggambarkan penempatan komponen-komponen di dalam jaringan dan bagaimana kabel ditarik untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut. Contoh dari topologi diantaranya : topologi star dan topologi ring.

Topologi star yaitu menghubungkan komputer-komputer melalui media kabel yang terpisah ke suatu unit pusat, biasanya berupa HUB ataupun switch. Saat ini topologi star yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam suatu departemen atau kelompok kerja.

Keuntungan dari topologi star :

  1. Kerusakan atau kegagalan koneksi pada salah satu komputer atau potongan kabel tidak akan membuat down jaringan secara keseluruhan, tidak berpengaruh terhadap node yang lain. Peralatan jaringan terpusat dapat mengurangi biaya selama penggunaan dan pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah.

  2. Memungkinkan beberapa jenis kabel digunakan dalam jaringan yang sama, memanfaatkan HUB atau switch yang dapat mengkomodasi berbagai jenis kabel.

Kerugian dari topologi star :

  1. Kerusakan pada HUB pusat akan menyebabkan kegagalan koneksi atau masalah pada jaringan di mana HUB tersebut berada, secara keseluruhan.

  2. Pembangunan topologi ini sedikit lebih mahal daripada pemanfaatan topologi bus.

Topologi Ring menghubungkan komputer-komputer sepanjang satu lintasan tunggal yang kedua ujungnya digabung sehingga membentuk sebuah lingkaran (cincin). Lingkaran yang dimaksud adalah lingkaran logis yang jika dilihat secara fisik tidak berbentuk lingkaran sama sekali tetapi lebih mirip dengan topologi star.

Pada topologi ring kerusakan pada salah satu komputer dapat memberikan pengaruh terhadap jaringan secara keseluruhan dan tentu saja akan mempersulit proses troubeshoot. Penambahan dan pemindahan komputer juga akan mengganggu jaringan yang sedang berjalan.

Identifikasi kerusakan juga relatif mudah, karena sinyal data selalu bergerak terus dari perangkat pengirim sampai akhirnya berhenti di perangkat tujuan. Sehingga apabila selama perjalanan tersebut satu perangkat tidak menerima sinyal data dalam periode waktu tertentu maka operator jaringan akan diingatkan dengan munculnya Alarm yang menginformasikan masalah dan letak lokasinya.

Advertisements

9 thoughts on “topologi star & ring

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s