jaringan hemat biaya *penelitian*

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang sehingga membutuhkan dana yang cukup besar untuk melaksanakan pembangunan. Mayoritas negara berkembang anggaran yang digunakan untuk keperluan pengembangan Teknologi Informasi masih relatif sedikit. Karena sebagian besar anggaran diarahkan untuk keperluan konsumsi masyarakat.

Negara yang sedang berkembang untuk menjadi negara yang maju diperlukan adanya kemajuan Teknologi informasi. Tanpa diimbangi perkembangan teknologi informasi rasanya mustahil suatu negara berkembang bisa mengikuti laju perkembangan informasi yang sangat cepat seperti negara-negara maju. Hampir setiap kegiatannya negara-negara maju sudah menggunakan perkembangan teknologi informasi mulai dari bisnis seperti dalam perekonomian bahkan sampai pada sistem pendidikannya.

Pengadaan teknologi informasi sekarang ini cukup mahal. Mulai dari harga-harga komputer masih cukup mahal, pengadaan jaringan komputer juga masih sangat mahal, terlebih harga lisensi software yang bagus dan mudah penggunaannya.

Untuk itu diperlukan adanya penghematan biaya, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan perangkat keras yang ada sekaligus penghematan biaya pembelian hardware dan software.

Biaya pengadaan teknologi informasi mahal yang terdiri dari harga komputer, jaringan, harga lisensi software, ini merupakan hasil dari optimalisasi pemanfaatan perangkat keras yang ada ditambahkan dengan penghematan biaya hardware dan software. Karena biaya pembangkitan listrik tinggi, sehingga akan terjadi krisis energi yang cukup besar. Untuk itu diperlukan adanya penghematan energi listrik. Pada penelitian kali ini selain akan menghemat biaya juga akan menghemat energi listrik. Jadi daya listrik yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan. Terdapat beberapa model jaringan komputer yang dapat mengoptimalkan perangkat keras yang ada atau menghemat biaya operasional dan perawatan menggunakan LTSP, Ncomputing, Userful.

LTSP adalah singkatan dari Linux Terminal Server Project merupakan proyek para hacker dalam menciptakan solusi hemat untuk membangun suatu server untuk diskless workstation yang tangguh.(husni : 184). LTSP adalah singkatan darin Linux Terminal Server Project merupakan solusi hemat untuk membangun suatu server untuk dikless workstation yang tangguh. Semua paket LTSP dapat di download dari http://www.ltsp.org. Paket yang digunakan tergantung dari kebutuhan, Linux Terminal Server Project (LTSP) adalah Thin Client Support untuk server linux. Thin client disini adalah suatu jaringan dimana komputer client (LTSP workstation) tidak memerlukan harddisk sehingga untuk masing2 komputer client tidak membutuhkan sistem operasi. Secara garis besar prinsip kerja dari LTSP adalah terdapat satu server LTSP yang diisi sistem operasi lengkap dengan aplikasi yang bakalan digunakan oleh komputer client selanjutnya komputer server dihubungkan dengan komputer client dan komputer client mengakses sistem operasi beserta aplikasi di Server LTSP jadi semua program yang ada di Server sama dengan yang ada di komputer Client.

Ncomputing adalah terminal atau pusat pertama komputer di dunia yang tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan Ultra Thin Multi-Access sama seperti PC biasa. Dengan Ncomputing exclusive UTMA teknologi, Ncomputing dapat mengekspansi PC anda sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu). (atma165)

Userful Multiplier adalah solusi desktop virtualisasi yang paling mudah diterapkan dan ekonomis. Selain itu, Userful pun menawarkan fitur PC lengkap termasuk tampilan video berkualitas tinggi hanya dengan menggunakan perangkat keras standard. (InfoLinux 04/2009)

Tulisan diatas saya ambil dari proposal penelitian yang akan saya lakukan (masih dalam rencana). semoga bisa lolos, dan penelitian bisa saya lanjutkan.

mohon kritik dan sarannya dari tulisan diatas.

Terima kasih,.

Advertisements

20 thoughts on “jaringan hemat biaya *penelitian*

  1. walopun komentar saya ga nyambung sama postingan ijinkan saya untuk mengucapkan :
    Taqobballallahu minna wa minkum, Syiamana wa syiamakum,
    Ja’alanallahu wa iyyakum, Minal aidin wal faizin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Mohon maaf lahir dan bathin, maapin segala salah dan khilafku selama ini ya…

  2. Weleh, ki arep komen opo yo ?
    Wong blas ra paham masalah jaringan.
    YO sering sih berhubungan karo jaringan tapi iku jaring nggo njolo iwak nang kali.

    Sebagai penduduk negeri dengan sumber daya yang terbatas kita memang harus memelintir otak agar bisa berhemat.
    Ga kuat pakai Windows ya pakai opensource.
    Kalau ada yang gratis ngapain harus mbayar ?
    Termasuk dalam hal virtualisasi.
    Memang ada harga yang harus dibayar diantaranya kenikmatan jadi berkurang.

    semoga sukses !

  3. Pingback: seminggu, semangat baru « ..::: iyEm :::..

  4. Pingback: membangun LTSP (Linux Terminal Server Project) di Ubuntu « ..::: iyEm :::..

  5. mw tanya…userful itu katanya yg free cuma 2 user ya,ada alternatif lain ga ya ? yang sejenis tapi free. a nyari ndak ketemu-ketemu. matur nuwun

  6. Apakah saya bisa minta file proposal dan laporan pnlitian saudara ttentang NComputing trsebut, saya sdang butuh referansi. Mohon kirimkan ke email saya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s