java (2)

lanjut…
hari kedua ngotak atik netbeans IDE 6.5 akhirnya iyem menggunakan Jaunty tercinta (ubuntu 9.04). walaupun postingnya balek lagi ke … vista
materi :
Penulisan variable dalam java : tipe_data(spasi)variable
Variable dalam java terdapat 3 macam :
1. Variable local (local variable) –> bisa dibaca di tempat yg bersangkutan
2. Variable class –> dapat dibaca di semua variable class
3. Variable reference

–> contoh penggunaan Variable local :

public class Arithmatic
{
public static void main ()
{
int A=5 ;
int B=10 ;
doble J ;
J = A*B ;
System.out.prinln(“Hasilnya=+J”);
}
}

–> contoh penggunaan Variable class :

public class Arithmatic
{
static String kataKu=”Selamat Datang
public static void main ()
{
int A=5 ;
int B=10 ;
doble J ;
J = A*B ;
System.out.prinln(“Hasilnya=+J”);
}
}

–> contoh penggunaan variable reference :

public class CobaVariable {
static int BilX;
public static void main (String[] args)
{
int BilanganY;
BilanganY = 10;
BilX = 5;
System.out.println(“Nilai variable x = ” + BilX);
if (BilX== BilanganY + 5)
{
int BilZ = 15;
System.out.println(“Nilai variable Z = ” +BilZ);
System.out.println(“Nilai var.Y =” +BilanganY);
}
}
public static void BlokLain ()
{
BilX=20;
System.out.println(“Nilai var x =” +BilX);
}

}

–> hasilnya setelah dijalankan :

—–>
contoh penggunaan variable reference yang lain, dengan memodifikasi yang diatas tadi :

import javax.swing.JOptionPane;
public class MenangkapNilai {
public static void main(String [] args)
{
String s;
s = javax.swing.JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Bilangan Integer =”);
int Bil = Integer.parseInt(s);
System.out.println(“Bilangan yang anda masukkan adalah:” +Bil);
}
}

–> dan hasilnya :
setelah di run :

setelah dimasukkan nilai :

——->
modifikasi supaya keluaran dapat berupa grafik, menjadi :

import javax.swing.JOptionPane;
public class MenangkapNilai {
public static void main(String [] args)
{
String s;
s = javax.swing.JOptionPane.showInputDialog(“Masukkan Bilangan Integer =”);
int Bil = Integer.parseInt(s);
javax.swing.JOptionPane.showMessageDialog(null, “Bilangan yang anda” +
” masukkan adalah=” +Bil, “menangkap nilai”, JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}

–> keluaran setelah di run :

–> keluaran setelah dimasukkan nilainya :

————————
untuk hari ini sampai disini dulu…. terima kasih.

java (1)

hahahaa….akhirnya iyem mau ngotak atik java….
yang pertama dilakukan… install JDK,otak-atik menggunakan command promt….(kapan ya..beralih ke terminal..) setelah ngotak atik dengan perintah javac ………… ataupun java …… dan notepad… lama-lama bingung dan anyel juga.. beralihlah ke GUI , menggunakan Netbeans IDE 6.5 .
yang pertama kali dibuat..
buat new project –> java –> javaApplication –> masukkan nama project
buat new –> java class
pertama beri nama SalamApplication, kemudian masukkan seperti dibawah ini:

public class SalamApplication {
public static void main (String[] args)
{
Salamku ucapanKu = new Salamku();
ucapanKu.welcome();
}

}

buat New –> java class (lagi) berinama Salamku

public class Salamku {
public void welcome ()
{
System.out.println(“Selamat Datang di Java”);
}
}

kemudian di Run –> hasilnya akan muncul tulisan Selamat Datang di Java

masih menggunakan file tersebut atau bisa membuat baru.
modifikasi class Salamku. menjadi :

import javax.swing.JOptionPane;
public class Salamku {
public void welcome ()
{
javax.swing.JOptionPane.showMessageDialog(null,”Selamat datang di Java”,
“welcome”, javax.swing.JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
}
}

dan hasilnya

hari ini, sampai disini dulu…. terima kasih….

seminggu, semangat baru

Iyem curhat lagi ya…

^_^

^_^

Ujian telah usai, liburan itu pasti, tapi liburan itu tak dapat ku nikmati untuk seminggu kemaren sampai liburan habis, yang pastinya sih ini juga dialami teman-teman aktivis kampus yang seabreg kegiatan dan tugas, apa yang kualami tidak seperti mereka yang banyak kegiatan kampus, tapi adanya kegiatan dan tanggung jawab baru yang baru juga kualami.
Awal tahun 2010 ini, banyak postingan tentang resolusi apa yang ingin di capai untuk tahun ini, usaha-usaha yang ingin dilakukan untuk tahun ini dan pastinya isinya ingin lebih dari tahun kemaren. Tapi, beda untuk ku..dari kemaren ku sering memikirkan apa yang mesti bisa ku capai untuk tahun ini dan hasilnya.. ku belum menemukannya, kalau resolusi-resolusi seperti nilai tinggi, rajin ngaji, cepet lulus..dll sepertinya ini merupakan hal wajib yang harus terus berusaha untuk mencapainya. setelah seminggu ujian akhir semester ku lalui, sudah terlintas di fikiranku… setelah ujian, liburan, dan bakal bosen mengurung diri dirumah, dan hanya ditemani koneksi yang kadang ok…kadang ampun. Tapi setelah ku lewati seminggu kemaren, fikakiran itu hilang, yang ada sekarang liburanku bakalan penuh dengan aktivitas.

alhamdulillah

alhamdulillah

Seminggu kemaren membuat semangat baru ku tumbuh, semangat berjuang lagi. Pertama, Alhamdulillah… beasiswaku cair, ya walaupun nantinya bakal buat bayar kuliah tapi setidaknya adalah yang nyantol ke kantongku. Setelah itu ku mendapatkan tawaran belajar program yang kata orang ini susah, tapi tak akan ku sia-sia kan tawaran ini, dan kemungkinan akan berlangsung selama 1 bulan lebih. Dalam minggu ini pula ku mendapatkan tawaran menjadi salah satu staf akademik (jadi guru) di salah satu lembaga pendidikan, dan kerjaan pertamaku adalah privat ibu-ibu. Aktivitas belajar dan mengajar ini yang bakal mengisi liburanku juga menambah aktivitasku selain di kampus.

Di akhir minggu kemaren mendapat kabar dari gadis jeruk, tentang hasil PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Dan setelah ku lihat sendiri ke web nya dikti ternyata proposal penelitian yang kami usulkan, lolos. PKM ini dibuat dari ide tema yang dikirim lewat email oleh Bapak Husni Thamrin, dekan di fakultas tempatku menuntut ilmu. tema penelitian yang ku ajukan tentang jaringan komputer yang pernah ku tulis di postingan yang dulu, jaringan hemat biaya *penelitian*. Ini menjadi awalku berjuang, melanjutkan perjuangan penelitianku, dan semoga menjadi awal semangat baru ku.


Dari apa yang ku alami seminggu kemaren, merupakan awal ku merancang resolusi baruku di tahun 2010 ini. Semangat baru telah muncul dan semoga semangat baru hadapi tahun ini sudah tertanam didiri pembaca semua. Amin…

ketika IYEM lagi dIYEM

diyem = diam. diam merupakan salah satu aktivitas yang pasti sering kita lakukan, apalagi kalau lagi sendiri, mosok sih kalau lagi sendiri tiba-tiba teriak-teriak, ngomong-ngomong sendiri, entar dikirain orang gila lho… heheheh… banyak yang bilang diam itu emas, bisa…tapi bisa juga tidak.. coba saat kuliah atau saat lagi ditanya, kita malah diam, entar malah dipertanyakan tuh.  diam saat sendiri wajar… tapi diam saat dikeramaian atau saat lagi sama orang lain, itu pasti ada sebabnya. kalau menurut pengalaman iyem, dan menurut apa yang iyem ketahui…

diam memiliki beberapa sebab, diantaranya :

1. ga punya bahan pembicaraan, nah lo kalau sudah ga punya bahan yang dibicarain…. mati kutu tow… ada yang bilang ini mudah kok mengatasinya… dengan membicarakan mulai dari hal-hal yang tidak penting, bercanda-bercanda saja. Tapi ini disinyalir agak sulit karena ada beberapa orang yang mmendadak terserang tidak Percaya diri, takutnya garing, lucu-lucu gimana…gt.

tahu ah

tahu ah

2. ga nyambung sama apa yang dibicarain. Hehee….. malu…malu,,, pasti malu banget kalau tiba-tiba nimbrung dan ga nyambung dengan apa yang dibicarakan. Nah ada yang nyaranin, kata seorang temenku “mending didengerin dulu….dengerin apa yang mereka bicarain… berusaha nyantol-nyantol, ya sedikit-sedikit dulu…nanti lama-lama pasti bisa nyambung, ga diam lagi.”

bingung

bingung

3. sariawan, cekit cekit…… cekit cekit…. Rasanya mulut cekit cekit dan perih saat lagi sariawan, mo senyum males, mo ngomong susah, palagi makan…haduh perih. Menurut yang ku baca, Sariawan atau stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok. Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu. Biasanya disebabkan karena kita tidak membersihkan mulut ataupun luka pada mulut. Karena sakit kalau lagi bicara, akhirnya pilih diam.

lips

lips

4. sakit gigi, lah ini nih….sakitnya ampun deh,, banyak yang bilang, lebih baik sakit hati daripada sakit gigi, sudah membuktikan betapa sakitnya…sakit gigi tuh. Salah satu penyebab sakit gigi, gara-gara males sikat gigi setelah makan dan akhirnya sisa-sisa makanan jadi kuman yang bakal mempercepat hancurnya gigi.  Biasanya kalau diajak bicara malah marah-marah, makanya orang yang sakit gigi pasti cumin bisa diam. Sedikit curhat nie.. hati-hati jika berada didekat iyem, saat iyem lagi sakit gigi, bakal kena semprot, amukan, dan bahkan pukulan sampai dengan cubitan, sudah ada beberapa korban. 😀

sakit gigi

sakit gigi

5.lagi punya masalah, kalau lagi punya masalah lebih baik diselesaikan dulu, baru bersosialisasi, daripada diam atau malah marah-marah. Dan jika diam pastinya berakibat…..melamun deh.

merenung

merenung

6. sms’an, sering nglihat orang diam, yang ku kira lagi sakit atau lagi ada masalah, eh ternyata lagi serius sms’an, kadang terlihat diam, eh kadang sedih-sedih sendiri, dan bisa tiba-tiba tertawa-tertawa sendiri… he  😀 kalau orang tidak tahu dia lagi sms’an, bisa dikira agak miring tuh orang.

sms

sms

7. emang dasar orangnya pendiam, nah kalau yang satu ini sudah skakmat, emang dasar orangnya pendiam mo diapain juga tetep diam. Bicarapun seperlunya saja, tapi sepengetahuan iyem lho ya… biarpun pendiam, kalau sudah ngobrol sama orang yang deket dengannya, pendiampun bisa berubah jadi cerewet, ada yang bilang pendiampun bisa bocor. Tapi jangan sampai jadi pendiam hanya karena untuk jaga image saja, jaim. Memang sih jaim itu terkadang perlu tapi….jangan kebanyakan, entar malah kekenyangan. 😀

Ada yang mau nambahin lagi??????? Silakan……

NB : tulisan ini hanya hasil dari ke-ISENG-an iyem belaka, jika ada kesamaan nama ataupun cerita, iyem minta maaf.