guru dan amanat

Guru, satu kata yang jika kita menemukan kata ini akan terarah pada satu hal yaitu pendidik, orang yang dipandang lebih bisa/lebih mampu dari kita. Guru, merupakan satu amanah yang mengarah pada suatu jabatan professional dimana jabatan ini membutuhkan kemampuan secara akademik dan juga kemampuan pedagogik.

“Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru.” (Wikipedia)

Guru merupakan pekerjaan professional yang secara khusus disiapkan untuk mendidik anak yang dititipkan oleh orang tua/wali setelah berada dalam sekolah. Guru atau pendidik sebagai orang tua kedua yang memiliki tanggungjawab terhadap anak didiknya. Sehingga apabila orang tua memiliki tanggungjawab penuh terhadap anak untuk memberikan pendidikan yang sebaik-baiknya di luar sekolah, guru juga memiliki tanggungjawab penuh terhadap pendidikan anak di dalam sekolah.

Diukur dari tanggungjawab seorang guru itu tidak hanya mendidik secara akademis yang diukur dengan hasil nilai yang tertulis dalam selembar hasil belajar anak (rapot), guru juga memegang peran dalam membantu membentuk karakter kepribadian anak, dalam hal berkata, bertingkah, sopan santun, kedisiplinan, dan sebagainya. Jika merasa bahwa dengan menyampaikan materi sesuai dengan mata pelajaran, anak paham dan mendapat nilai bagus itu tugas guru selesai?? TIDAK!!

Guru mendapatkan amanat untuk mendidik anak didiknya dan pada saatnya nanti amanat ini akan dimintai pertanggungjawaban juga.

Mari berjuang. GANBATTE!!!

Advertisements

10 thoughts on “guru dan amanat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s