mbolang ke Panti Asuhan

 Kemaren hari Sabtu, tanggal 5 oktober 2013. Secara sengaja saya melakukan perjalanan ke daerah utara kota Solo yaitu Gemolong Sragen. Mencari daerah yang namanya daerah Kedungdowo, Plupuh, Sragen. Saya yang sebelumnya belum mengetahui daerah tersebut memberanikan diri untuk melakukan perjalanan yang terbilang mendadak, karena tanpa saya rencanakan hari itu mendadak ingin pergi ke tempat itu yang rencananya hari minggu saya akan ketempat tersebut.

Perjalanan yang hanya bermodalkan beberapa rute dari teman-teman dan gps yang terus saya nyalakan di henpon saya. Sesaat sempat mengalami kebingungan saat saya sampai ke jalan yang tidak disebutkan dalam rute yang diberikan teman saya, tapi saya ikuti saja kemana motor saya membawa. Akhirnya memasuki jalan Solo – Purwodadi saya hanya tinggal mencari dimana pasar gemolong itu. Setelah agak jauh dari Solo saya mulai melihat-lihat jalan dan mencari papan-papan yang bertuliskan alamat untuk mengetahui sampai dimana saya. Sampai di tempat yang menurut saya sangat ramai dan ternyata itu sudah memasuki daerah Pasar Gemolong, saya ambil jalan ke kanan dan terdapat papan penunjuk jalan lurus ke Sragen kanan ke Plupuh, saya mengikiti jalan yang mengarah ke plupuh.

Sepanjang perjalanan yang mengarah ke plupuh terbersit ketakutan dalam hati saya, karena bensin motor sudah memasuki wilayah merah dan jalan yang saya lewati sangat jarang sekali terdapat rumah, kebanyakan sawah dan kebun, jarang pula saya menemui orang yang melewati jalan tersebut. karena keinginanku yang masih kuat terus saja kutelusuri jalan itu, melawan keraguan dan akhirnya saya menemukan beberapa anak di satu wilayah, kuperhatikan lagi ternyata saya sampai pada tujuan saya yaitu Panti Asuhan Kyai Ageng Pandanaran Sragen.

berikut beberapa dokumantasi dari panti asuhan tersebut :

Sampai ditempat itu hati langsung luluh saat saya bertemu dengan anak-anak panti dan mereka satu persatu yang berpapasan denganku menjabat dan menciun tanganku. Sesaat terdiam.
Panti Asuhan Kyai Ageng Pandanaran dikelola oleh keluarga pensiunan pegawai negeri, donatur terbesar mereka anak” mereka sendiri yang bekerja sebagai guru juga. Jumlah anak asuh 90 anak dengan pendidikan 2 anak tingkat SD, 16 anak tingkat SMA, dan 72 anak tingkat SMP.

Saat berada di panti asuhan saya melihat ada pembangunan kamar untuk anak karena memang mulai penuh sesak kamar anak putri, tetapi saat itu pembangunan seperti terhenti, masalah kemungkinan karena biaya *salahnya aku tidak berani bertanya*  . Saat bercerita dengan ibu pengasuh, saat ini mereka sedang mengalami masalah tentang air, susahnya air membuat anak-anak harus mengalah untuk mandi sehari sekali dan mencuci pakaian mereka ke sungai-sungai di sawah sekitar panti asuhan.

Sedih rasanya saat itu saya masih belum bisa membantu mereka. Ingin rasanya tapi apa daya…apa coba yang bisa saya lakukan untuk mereka??? sedih lagi saat lihat mereka makan dan dipiring itu isinya nasi dan mie instan 

Setelah beberapa lama Silaturahmi, berbincang dengan ibu pengasuh dan berkeliling panti, saya berpamitan dengan ibu pengasuh, pulang membawa banyak pikiran yang bercampur-campur.

dan sampai tulisan ini dipostingpun pikiran saya juga masih bercampur-campur.
ini salah sau cerita mbolangku. mana critamu???

4 thoughts on “mbolang ke Panti Asuhan

  1. alhamdulillah kemarin dah sempet main ke panti asuhan ini sama temen2 alumni pesantren ane…
    meskipun keadaan tempat tinggal dan pangan yang terkesan kurang layak, tapi saya cukup mengapresiasi para santri yang rajin sholatnya, pinter2 ngajinya…dan para pengasuhnya yang sangat peduli dengan keadaan anak2 dhuafa dan yatim itu..
    semoga Alloh senantiasa menjaga mereka dan semoga saya bisa diketemukan lagi dengan mereka di lain waktu dalam keadaan yang menyenangkan ..
    aamiin..

    Yogya, 20/1/2016

Leave a Reply

