hipotensi

doktersudah beberapa hari ni ku merasa lemes… kepala tuing tuing….  badan rasanya ga karuan apalagi cuaca lagi ga cetho gini.. klo siang panas nya puuoolll… klo mlm dinginnya brrrrrrr… dan kadang waktu jalan tiba-tiba kepala rasanya nyut nyut…  ku bingung ada apakah dengan diriku..  dari sebabnya darah rendah yg sedang ku alami… tapi ku blom bisa pastikan karena sampai sekarang diriku pun belum sempet berobat..cek tensi pun blom….

aktivitas malam (ngenet, ngerjain tugas, laporan, dll) yang sering ku jalanin dan banyaknya kegiatan di siang hari,  ni merupakan salah satu sebab dari apa yang ku rasakan ini. males makan, kurang minum air putih, kecapek’an………..  dah jadi kebiasaan buruk yg harusnya cepet ku buang. tapi mo gmn lagi,,,,… susah tuk ngilangin / ngurangin itu semua, karena semua itu bisa jadi pelampiasan biar ga kesepian… he.

setelah curhat-curhat masalah ini sama sesama cewek…  nih merupakan tanda” hipotensi. ku coba cari solusi dari teman dulu… ada yang nyaranin banyakin minum air putih, kurangi minum teh,kopi, susu sesudah makan, minum air jeruk, minum jus tomat, makan bayem goreng lah,bayam, kangkung, singkong, pete, makan yg ijo”… (asal ga rumput) , ada yg nyaranin konsumsi madu, dan satu lagi yang sampe sekarang masih buat ku bingung, konsumsi suplement penambah darah tiap hari klo lagi menstruasi… nah ni sampai sekarang masih jadi tanda tanya besar dikepalaku… ada yg nyaranin HARUS, ada yg nyaranin JANGAN, ada yg nyaranin BOLEH, jadi bingung yang mana yg bener…  klo yg HARUS alasannya : karena suatu hari kan bakal hamil nah,kalo persiapan dari sekarang tu lebih bgus daripada tar pas hamil malah kena anemia,repot tu . .  klo yg JANGAN alasannya : itutuh bahan kimia ga baik di konsumsi tiap hari…  klo yg BOLEH alasannya : itu boleh saja dikonsumsi….tapi jangan deng…. (ternyata yg ku tanyain juga bingung).

akhirnya ku mulai browsing nyari tahu tentang darah rendah HIPOTENSI ku dapet banyak artikel salah satunya nih…

dokter-laptopPenyakit darah rendah atau Hipotensi (Hypotension) adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka tidak/belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan seperti keringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat (lelah dengan aktivitas berlebihan) serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal) maka tekanan darah akan mencapai ambang rendah (hipotensi) 90/60 mmHg.

  • Tanda dan Gejala Tekanan Darah Rendah
keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang. detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.
  • beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki keadaan ini :
Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat, Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam, Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala, Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis, Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian, selain itu dokter hanya akan memberikan vitamin (suport/placebo) serta beberapa saran yang dapat dilakukan bagi penderita.
semoga bermanfaat…
tapi ku masih bingung tentang mengkonsumsi suplement penambah darah???
menurut  saudara-saudara ku yg baca, gmn?????
kasih pendapat y???
Advertisements

8 thoughts on “hipotensi

  1. kalo “harus” saat datang bulan itu sumbernya dari dokter (dosenku_red). tapi ya balik ke pribadi masing2 ko. memang yang alami jauh lebih baik. yang penting jalani pola makan dengan gizi seimbang. dijamin sehat wal afiat….ok..??!!
    _Take Care_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s